Sabtu, 26 April 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama peserta didik     : Arga Satya Nugraha
Umur                           : 7 tahun
Jenis kelamin               : Laki-laki
Satuan Pendidikan      : TKQ Al-Hikmah
Mata Pelajaran            : Membaca, Menulis dan Berhitung (Calistung)
Kelas                           : TK B
Materi Pokok       : Membaca bacaan bahasa Indonesia, mambaca iqra, menulis kata-kata bahasa Indonesia, berhitung penjumlahan dan pengurangan.
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu             : 1 jam

Standar Kompetensi
1. Mengetahui bacaan, tulisan dan hitungan.

Kompetensi Dasar
1.1. Mengetahui bacaan bahasa Indonesia, bacaan iqra, tulisan dalam bahasa Indonesia dan hitungan penjumlahan serta pengurangan.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengetahui huruf abjad, huruf hijaiyah dan membaca kata-kata dalam bahasa Indonesia.
·         Mengetahui dan mampu menulis tulisan dalam bahasa Indonesia.
·         Mengetahui perhitungan baik dalam penjumlahan maupun pengurangan yang sederhana.

a. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menyebutkan semua huruf abjad dan huruf hijaiyah. (C1)
Agar peserta didik dapat mengetahui urutan huruf-huruf abjad dan hijaiyah serta mengetahui cara penulisannya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Prof. Dr. H. Djaali (2013) tentang perkembangan intelegensi pada tahap berpikir praoperasional menyatakan bahwa pada tahap ini anak mempunyai pikiran sebenarnya representasional (simbol); dan rangkaian tingkah laku dapat dimainkan dalam pikiran daripada kejadian fisik yang sebenarnya.
2. Menyebutkan bacaan sesuai dengan tulisan dengan baik dan benar. (C1)
Agar peserta didik dapat mengetahui lafal dari suatu bacaan yang dibacanya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Jeanne Ellis Ormrod (2008) tentang tahap perkembangan kognitif tahap praoperasional (2-7 tahun) menyatakan bahwa keterampilan bahasa anak akan berkembang pesat dan penguasaan kosakata yang meningkat memungkinkan mereka mengekspresikan dan memikirkan berbagai objek dan peristiwa.
3. Membuat tulisan sesuai dengan yang didiktekan. (P3)
Agar peserta didik dapat menuliskan bacaan-bacaan secara langsung dari apa yang didengarnya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru karya Syah Muhibbin dalam karakteristik perkembangan psikomotorik pada masa anak besar menyatakan bahwa untuk keterampilan sekolah anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan untuk menulis, menggambar, melukis, menari, bernyanyi, dan lain-lain.
4. Membedakan penulisan angka-angka Indonesia dengan angka-angka Arab. (P1)
Agar peserta didik dapat menafsirkan tulisan angka arab dan angka indonesia. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru karya Syah Muhibbin (2013) dalam tahap perkembangan psikomotorik masa kanak-kanak tengah dan akhir (6-11 tahun), menyatakan bahwa anak menguasai keterampilan dasar membaca, menulis, arismatik, dam mereka secara formal dihadapkan pada dunia yang lebih besar dan budayanya.
5. Memperhitungkan penjumlahan dan pengurangan dari mulai satuan hingga puluhan. (C3)
Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matematis terutama dalam hal penjumlahan dan pengurangan yang sifatnya masih sederhana. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Muhammad Irham dan Novan Wiyani (2013) tentang rumusan implikasi teori belajar dalam proses pembelajaran dan pengajaran menyatakan bahwa dalam teori Piaget bagi anak usia 6-7 tahun pengopersian suatu penjumlahan harus menggunakan benda-benda nyata, terutama di kelas-kelas awal karena tahap perkembangan berpikir mereka baru mencapai tahap operasi konkret. Contohnya, untuk menjelaskan operasi penjumlahan 4+2 lebih baik guru memperagakannya dengan memperlihatkan 4 benda dan 2 benda.
6. Mematuhi perintah pengajar untuk lebih dapat menguasai Calistung (Membaca, Menulis, dan Berhitung). (A2)
Agar peserta didik dapat bersikap lebih disiplin, lebih semangat dan lebih memiliki motivasi dalam pencapaian belajarnya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Prof. Dr. H. Djaali (2013) menyatakan bahwa perkembangan afektif pada umur 2-7 tahun dengan munculnya responsitas (timbal balik) serta perasaan moral sesuai dengan konsep anak-anak tentang peraturan dalam bermasyarakat dengan lingkungan sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar