RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
peserta didik : Arga Satya Nugraha
Umur : 7 tahun
Jenis
kelamin : Laki-laki
Satuan
Pendidikan : TKQ Al-Hikmah
Mata
Pelajaran : Membaca, Menulis
dan Berhitung (Calistung)
Kelas : TK B
Materi Pokok : Membaca bacaan bahasa Indonesia, mambaca iqra, menulis
kata-kata bahasa Indonesia, berhitung penjumlahan dan pengurangan.
Pertemuan
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 jam
Standar
Kompetensi
1.
Mengetahui bacaan, tulisan dan hitungan.
Kompetensi Dasar
1.1.
Mengetahui bacaan bahasa Indonesia, bacaan iqra, tulisan dalam bahasa Indonesia
dan hitungan penjumlahan serta pengurangan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Mengetahui huruf abjad,
huruf hijaiyah dan membaca kata-kata dalam bahasa Indonesia.
·
Mengetahui dan mampu
menulis tulisan dalam bahasa Indonesia.
·
Mengetahui perhitungan
baik dalam penjumlahan maupun pengurangan yang sederhana.
a. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
1.
Menyebutkan semua huruf abjad dan huruf hijaiyah. (C1)
Agar
peserta didik dapat mengetahui urutan huruf-huruf abjad dan hijaiyah serta
mengetahui cara penulisannya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Prof. Dr. H. Djaali (2013) tentang perkembangan
intelegensi pada tahap berpikir praoperasional menyatakan bahwa pada tahap ini
anak mempunyai pikiran sebenarnya representasional (simbol); dan rangkaian tingkah
laku dapat dimainkan dalam pikiran daripada kejadian fisik yang sebenarnya.
2.
Menyebutkan bacaan sesuai dengan tulisan dengan baik dan benar. (C1)
Agar
peserta didik dapat mengetahui lafal dari suatu bacaan yang dibacanya. Karena
dalam buku Psikologi Pendidikan karya
Jeanne Ellis Ormrod (2008) tentang tahap perkembangan kognitif tahap
praoperasional (2-7 tahun) menyatakan bahwa keterampilan bahasa anak akan
berkembang pesat dan penguasaan kosakata yang meningkat memungkinkan mereka
mengekspresikan dan memikirkan berbagai objek dan peristiwa.
3.
Membuat tulisan sesuai dengan yang didiktekan. (P3)
Agar
peserta didik dapat menuliskan bacaan-bacaan secara langsung dari apa yang
didengarnya. Karena dalam buku Psikologi
Pendidikan dengan Pendekatan Baru karya Syah Muhibbin dalam karakteristik
perkembangan psikomotorik pada masa anak besar menyatakan bahwa untuk
keterampilan sekolah anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan untuk
menulis, menggambar, melukis, menari, bernyanyi, dan lain-lain.
4.
Membedakan penulisan angka-angka Indonesia dengan angka-angka Arab. (P1)
Agar
peserta didik dapat menafsirkan tulisan angka arab dan angka indonesia. Karena
dalam buku Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan Baru karya Syah Muhibbin (2013) dalam tahap perkembangan
psikomotorik masa kanak-kanak tengah dan akhir (6-11 tahun), menyatakan bahwa
anak menguasai keterampilan dasar membaca, menulis, arismatik, dam mereka
secara formal dihadapkan pada dunia yang lebih besar dan budayanya.
5.
Memperhitungkan penjumlahan dan pengurangan dari mulai satuan hingga puluhan.
(C3)
Agar
peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan matematis
terutama dalam hal penjumlahan dan pengurangan yang sifatnya masih sederhana. Karena
dalam buku Psikologi Pendidikan karya
Muhammad Irham dan Novan Wiyani (2013) tentang rumusan implikasi teori belajar
dalam proses pembelajaran dan pengajaran menyatakan bahwa dalam teori Piaget bagi
anak usia 6-7 tahun pengopersian suatu penjumlahan harus menggunakan
benda-benda nyata, terutama di kelas-kelas awal karena tahap perkembangan
berpikir mereka baru mencapai tahap operasi konkret. Contohnya, untuk
menjelaskan operasi penjumlahan 4+2 lebih baik guru memperagakannya dengan
memperlihatkan 4 benda dan 2 benda.
6.
Mematuhi perintah pengajar untuk lebih dapat menguasai Calistung (Membaca,
Menulis, dan Berhitung). (A2)
Agar
peserta didik dapat bersikap lebih disiplin, lebih semangat dan lebih memiliki
motivasi dalam pencapaian belajarnya. Karena dalam buku Psikologi Pendidikan karya Prof. Dr. H. Djaali (2013) menyatakan
bahwa perkembangan afektif pada umur 2-7 tahun dengan munculnya responsitas
(timbal balik) serta perasaan moral sesuai dengan konsep anak-anak tentang
peraturan dalam bermasyarakat dengan lingkungan sosialnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar